Jelang Hari Jadi Pemkot Surakarta ke-77, Gibran Ziarah ke Makam Wali Kota Pendahulu

SURAKARTA | KABAREPUBLIK.COM – Menjelang peringatan Hari Jadi Pemerintah Kota Surakarta ke-77, Wali Kota Surakarta, Wakil Wali Kota Surakarta beserta jajarannya melaksanakan ziarah kubur (nyekar) ke makam mantan Wali Kota Surakarta yang pernah menjabat sebelumnya, Rabu (14/6/2023).

Ziarah ke makam mantan Wali Kota Surakarta merupakan rangkaian kegiatan rutin dalam rangka memperingati Hari Jadi Pemkot. Hal ini untuk menghormati serta mengingat jasa pendahulu.

Selain Wali Kota Gibran dan Wakil Wali Kota Teguh Prakosa, juga dihadiri jajaran Forkopimda Kota Surakarta dan Sekretaris Daerah (Sekda) Ahyani.

“Dalam rangka Hari Jadi Pemerintah Kota Surakarta yang ke-77, telah menjadi tradisi bagi Pemerintah Kota Surakarta untuk selalu mengingat para pejuang pemimpin di Pemerintah Kota Surakarta,” ungkap Wakil Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa pada kesempatan tersebut.

Sedikitnya terdapat lima makam yang dikunjungi oleh Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka beserta rombongan. Berangkat dari balai kota pukul 07.30 WIB dengan tujuan pertama yaitu ke makam Wali Kota Surakarta yang pertama Sindoerejo di Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres. Sindoeredjo menjabat pada 19 Mei 1946 hingga 15 Juli 1946 dan diangkat oleh Komite Nasional Indonesia Daerah Kota Surakarta.

Ziarah kedua adalah makam mantan Wali Kota Surakarta ke-12, Soekatmo Prawiro Hadisebroto di Bibis Luhur, Kecamatan Banjarsari. Berlanjut ke makam Wali kota ke-15 Slamet Suryanto di Bonoloyo, Kadipiro. Lalu ke makam Kol.Inf (Purn) Imam Soetopo dan tujuan ziarah terakhir di makam Wali Kota Budi Suharto yanng berlokasi di Pracimaloyo, Makamhaji.

Dalam ziarah ini Gibran beserta rombongan turut memanjatkan doa memohonkan berkah dari Tuhan YME. Demi kemajuan dan kesejahteraan Kota Solo. Serta memohonkan maaf atas segala kesalahan para pemimpin Kota Surakarta yang telah mendahului. (**)

Baca Juga  Pemkot Surakarta dan Mangkunegaran Dukung Pagelaran Satu Dalam Cita
Array
Related posts
Tutup
Tutup