Pemkot Surakarta dan Mangkunegaran Dukung Pagelaran Satu Dalam Cita

SURAKARTA | KABAREPUBLIK.COM – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menghadiri Konferensi Pers Satu Dalam Cita yang digelar di Pendopo Ageng Pura Mangkunegaran (22/6).

Acara ini juga dihadiri oleh Paduka Mangkunegara X, KGPAA Bhre Cakarahutomo Wira Sudjiwo. Titimangsa bersama Katadata dan Pura Mangkunegaran Solo, serta didukung oleh Bank Central Asia (BCA), mempersembahkan kolaborasi “Satu Dalam Cita”.

Gibran Rakabuming hadir sebagai narasumber dalam menanggapi penyelenggaraan kegiatan pertunjukan Satu Dalam Cita.

“Pemkot Solo mendukung penuh semua kegiatan-kegiatan positif. Dan bapak ibu sudah tahu sendiri Mangkunegaran sudah sangat cantik, sudah sangat rutin diadakan acara-acara di sini. Tugasnya pemkot yang mendorong dan mendukung saja,” ucapnya.

Gibran juga menambahkan jika perlu adanya beragam acara lain agar tidak monoton dari
acara-acara pada umumnya.

“Dengan acara-acara seperti ini (Satu Dalam Cita di Solo) memberikan kejutan untuk berinovasi lagi.”

Dalam kesempatan ini, Gusti Bhre menuturkan acara ini menjadi sesuatu hal yang berbeda. Sehingga antusias masyarakat sangat diharapkan.

“Ini merupakan suatu pagelaran kegiatan yang sangat menarik. Karena ini merupakan bentuk
kolaborasi, saling mendukung, dan guyub satu sama lain.”

Gusti Bhre juga berharap jika rangkaian acara Satu Dalam Cita di Solo ini mampu mengembangkan kebudayaan-kebudayaan lain.

“Kami percaya bahwa kami bisa membangun Mangkunegaran menjadi suatu wadah kebudayaan yang bisa berdampak tidak hanya eksklusif untuk kebudayaan jawa namun juga diharapkan mampu untuk kebudayaan nusantara bahkan kebudayaan dunia.”

Di akhir pembicaraan Gusti Bhre juga menyampaikan harapannya agar masyarakat juga bisa menjadi bagian dan dapat mempraktekkan sekaligus merayakan kebudayaan secara bersama-sama.

Satu Dalam Cita merupakan rangkaian kolaborasi acara yang terdiri atas Pertunjukan SUDAMALA: Dari Epilog Calonarang (24 & 25 Juni 2023), Pasar Kangen (23-25 Juni 2023), Sudamala Tour (23-25 Juni 2023),Royal Heritage Dinner (23-25 Juni 2023), Ruwat Bumi Pura Mangkunegaran (24 Juni 2023), dan Lokakarya Kesenian (23-25 Juni 2023) yang diselenggarakan di Pura Mangkunegaran, Solo.

Baca Juga  Pemkot Surakarta Sambut Tim Penilai Lomba Evaluasi Perkembangan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Tengah

“Satu Dalam Cita” ini diproduseri oleh penggiat seni yaitu Happy Salma dan Nicholas Saputra. Di mana acara ini menghadirkan pementasan tradisi Bali yang berakar dari karya sastra berjudul Sudamala: Dari Epilog Calonarang. Pertunjukan ini menyuguhkan tari dan drama, karya seni rupa, serta keindahan tata busana serta kebudayaannya.

Acara ini dihadiri oleh CEO Katadata, EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, produser, sutradara, penata musik Sudamala, koreografer Tari Murwakala pada Royale Heritage Dinner, dan pendiri juga koordinator Pasar Kangen. (**)

Array
Related posts
Tutup
Tutup