Target 3 Kelas per Prodi, Pascasarjana UMSurabaya Gandeng PDM-Kampus Muhammadiyah se-Jatim

SURABAYA | KABAREPUBLIK.COM – Pascasarjana UMSurabaya membuat terobosan baru dalam rangka meningkatkan jumlah mahasiswa baru (Maba) tahun angkatan 2023/2024.

Menurut Dr. Sholikh Al Huda (Ketua PMB Pascasarjana UMSurabaya), tahun ini kita target tiga kelas per Program Studi (Prodi) dengan strategi menggandeng Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Sekolah Tinggi Agama Islam/ STIT/STIE/STKIP/STAIM Muhammadiyah Se- Jawa Timur melalui kerjasama dan kolaborasi yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme).

Di antaranya program kolaborasi untuk pengembangan Muhammadiyah Daerah, Pascasarjana UMSurabaya siap membantu peningkatan organisasi, SDM dan program dakwah. Sementara dengan STIT/STIE/STKIP/STAI Muhammadiyah kita siap kolaborasi publikasi jurnal, riset dan pengabdian.

Program Pascasarjana UMSurabaya memiliki 4 Program Studi yaitu S2 Pendidikan Islam (PI), S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), S2 Hukum Ekonomi Syariah (HES), S2 Magister Administrasi Sakit (MARS).

“Untuk tiga Prodi (PI, PBSI, HES) kita memberikan beasiswa bagi kader/aktivis Muhammadiyah baik Guru Sekolah Muhammadiyah, Aktivis AMM, Pengelolah LAZISMU, Guru TPQ Muhammadiyah, yang ber-KTP Jawa Timur dan wajib mendapatkan Rekomendasi dari Pimpinan Muhammadiyah setempat sebesar 50% selama 4 semester (2 tahun). Sementara untuk program S2 MARS sementara ini masih belum ada,” katanya.

Kegiatan kolaborasi dibalut dengan model silaturahim dengan tema “Meningkatkan SDM Warga Muhammadiyah Yang Berkemajuan” yang dilaksanakan pada 26/6/2023 bertempat di Hotel Ibis Surabaya. Diikuti 20 Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Dan Ketua STIT/STAI/STKIP Muhammadiyah Se-Jawa Timur.

“Muhammadiyah harus segera fokus membuat program peningkatan SDM terutama di level pendidikan S2 dan S3. Karena untuk meningkatkan kualitas kader dan kepemimpinan di Muhammadiyah maka investasi terbaik adalah melalui pendidikan,” terang Prof. Dr. Abd. Hadi, Direktur Pascasarna UMSurabaya.

Dr. Ridlwan, M.Pd selalu Wakil Rektor 1 UMSurabaya mengatakan, UMSurabaya siap membantu peningkatan SDM Muhammadiyah Jawa Timur pada level pendidikan magister (S2). Yakni dengan memberikan atensi beasiswa Kader 50% untuk kuliah di Pascasarjana UMSurabaya.

Baca Juga  Diiringi Gerimis, Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Giritontro Tetap Berjalan Khidmat

“Langkah ini sebagai komitmen dan kepedulian UM Surabaya terhadap kemajuan Muhammadiyah Jawa Timur dalam menghadapi tantangan dunia global,” tandasnya. (**)

Array
Related posts
Tutup
Tutup