Puskesmas Giritontro Adakan Pemeriksaan Kesehatan Siswa

Tim medis Puskesmas Giritontro lakukan cek kesehatan di SMPN 2 Giritontro, Wonogiri.

WONOGIRI | KABAREPUBLIK.COM – Tim kesehatan dari Puskesmas Giritontro, Kabupaten Wonogiri mengadakan pemeriksaan kesehatan pada Kamis (14/9/2023) di SMP N 2 Giritontro.

Adapun kegiatan ini dalam rangka penjaringan kesehatan kepada siswa-siswi khususnya kelas 7. Bertempat di ruang pertemuan, sekitar 176 siswa menjalani cek kesehatan yang dimulai pukul 08.00 hingga selesai. 

Menurut Kepala Puskesmas Kecamatan Giritontro, dr. Zainal, kegiatan ini merupakan program UKS yang diadakan setiap tahun. Yakni minimal 2 kali dalam setahun. Program pertama Puskesmas Giritontro adalah penjaringan kesehatan.

“Untuk pemeriksaan secara umum biasanya pada bulan Juli , Agustus, September,” jelasnya. 

Tujuan diadakannya program ini, tambahnya, adalah untuk deteksi dini. Terutama deteksi dini untuk penyakit yang tidak menular. Seperti telinga kotor, mata rabun, gigi karies (berlubang).

“Program untuk putri akan ada pemeriksaan HB untuk yang anemia, kurang gizi, zat besi,” terangnya.

Selain cek kesehatan, imbuhnya, Puskesmas Giritontro juga menyerahkan vitamin E dan zat besi untuk seluruh siswa putri. Ditambahkannya, program seperti ini sebelumnya juga sudah berjalan baik untuk tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMK di wilayah Kecamatan Giritontro.

Harapan dari puskesmas seluruh pelajar sehat dan tidak mempunyai masalah dengan kesehatan. Bila ada salah satu anggota tubuh siswa yang bermasalah bisa kami rujukan untuk disembuhkan,” tandasnya. 

Di sela-sela pengecekan kesehatan kepada para siswa, dr. Zaenal juga memberikan motivasi dan saran kepada para siswa-siswi agar tetap semangat dalam belajar. Dan tak kalah pentingnya tetap menjaga kesehatan.

“Karena saat ini virus tidak hanya ditularkan oleh orang lain namun bisa dari diri kita sendiri seperti dari makanan yang kita makan,” ucapnya.

Kepala sekolah SMP N 2 Giritontro, Sarno menyambut baik dan mengucapkan terima kasih pada pihak puskesmas. Dan harapannya seluruh siswa sehat dan tidak ditemukan penyakit yang berarti.

Baca Juga  Pemkot Surakarta Sambut Tim Penilai Lomba Evaluasi Perkembangan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Tengah

“Kerjasama antar instansi sangatlah bermanfaat. Sehingga ke depan perlu ditingkatkan lagi,” ujarnya. (**)

Array
Related posts
Tutup
Tutup